Total Tayangan Halaman

Sabtu, 18 Desember 2010

All About Kucing,,, ^^ (part 1)


KucingFelis silvestris catus, adalah sejenis karnivora. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singaharimau, dan macan.
Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang manyimpan hasil panen.
Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Jenis-jenis kucing peliharaan

Ras

Jumlah jenis kucing ras di seluruh dunia amat banyak. Setiap ras memiliki ciri khusus, tapi karena sering terjadinya kawin silang antar ras, banyak kucing yang hanya dikelompokkan dalam jenis bulu panjang dan bulu pendek, tergantung jenis rambut penutup tubuhnya.
Ada banyak macam ras kucing, beberapa diantaranya :
  • Manx
Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar.
  • Maine Coon
Asalnya dari Maine, AS, keturunan Angora dan American Shorthair. Sifatnya lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab. Bulunya tipis, lembut, dan warnanya beragam.
  • British Shorthair
Dikembangkan di Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih,hitam,biru,merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat, belang.
  • Burmese (Burma)
Kucing ini dibiakkan oleh Dr. Thompson (AS) dari kucing ratu wong mau (Burma) dan siam. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura. sifatnya periang dan lucu.
  • Chinchilla longhair
Inilah kucing persia paling anggun. Nenek moyangnya dari Inggris. Ras ini dibagi dalam dua macam, yaitu chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).
ada juga nih jenis lain....

Ragdolls

Soo CuTe
Soo CuTe
Kucing ini merupakan kucing yang paling patuh dari semua jenis kucing. Diberi nama Ragdolls karena kebiasaan khas mereka yang suka berbaring di lengan kita. Kucing ini sangat penyayang dan ramah sehingga bisa menjadi hewan peliharaan kita yang sangat baik.
Asal :Belum diketahui secara pasti
Warna : Cokelat tua, abu-abu, variasi putih.
Perangai : Sangat tenang, cepat bersosiasi dan akrab dengan pemilinya. Cerdas, sopan dan sempurna untuk anak-anak.
Ciri-ciri : Besar, bertulang tebal, berat. Kucing ini memiliki bahu, dada, dan cakar yang lebar. Bulu-bulunya panjang dan tebal terutama disekitar leher. Matanya biru, bulat dan besar. Bulu di kaki belakang lebih panjang dari yang di depan.

Egyptian Mau


Kucing yang mengagumkan ini adalah satu-satunya jenis alami dari kucing tutul.
Asal :Mesir
Warna : Perak, perunggu, hitam, dan biru.
Perangai : Sangat aktif, cerdas, menghibur.
Ciri-ciri : Ciri yang berbeda dari kucing ini yaitu bulu berbintik atau tutulnya yang kelihatan kontras dengan warna tanah. Tutul gelap tersebar secara sembarang. Kaki dan ekor sama-sama memiliki warna yang lebih gelap. Kucing ini memiliki mata hijau ekspresif, seperti memiliki garis mata yang khas, ekspresi cemas waspada di wajahnya.

Abyssinian


Kucing ini merupakan salah satu jenis yang paling populer. Kucing Abyssinian yang besar dan tegap kemungkinan besar pernah menjadi hewan yang dipuja di masa lampau Mesir. Kucing ini juga memperoleh popularitas yang berarti di pertunjukkan kucing, kebanyakan menyangkut keunikan warna bulunya. Mereka biasanya sangat cocok dengan anak-anak dan hewan peliharaan lain.
Asal : Etiopia/Mesir
Warna : Kemerah-merahan, biru dan mirip anak rusa.
Perangai : Cerdas, aktif, ingin tahu, suka bermain, dan kucing yang ramah.
Ciri-ciri : Kucing Abyssinian dengan bentuk tubuh yang luwes dan berotot memiliki kepala yang besar berbentuk baji yang sudah berubah. Telinga yang besar dan tajam. Mata seperti almon dan ekspresif. Sebuah lingkaran gelap pada kelopak mata menonjolkan mata dan membuat kucing tersebut seperti memakai eyeliner hitam. Tubuhnya panjang, kuat dan berotot, dengan kaki-kaki yang langsing dengan tulang yang kuat.

BiRmaN CaT

Dikenal sebagai kucing keramat Birma. Sangat tampan dengan pola warna menarik dan jari-jari kakinya yang putih bersih. Kucing Birma masih termasuk jenis yang langka.
Asal : Birma
Warna : Warnanya bervariasi seperti hitam, cokelat, lilac.
Perangai : Cerdas dan lincah, mereka memiliki daya tarik kuat dan sangat cocok dengan anak-anak atau hewan lainnya.
Ciri-ciri : Kucing Birma adalah kucing besar dengan bulu panjang lembut yang cenderung melambai di bagian perut dan tidak kusut. Terdapat bulu yang lebat di bagian leher. Tubuhnya pendek gemuk, kaki-kakinya kokoh dan cukup panjang. Cakarnya bulat, tegap, dan agak besar jika jari-jari kakinya didekatkan. Ekornya cukup panjang dan lebat. Matanya biru sipit. Kepala yang lebar bulat memiliki daerah yang rata di depan telinga yang lebar.

TurKish Van

Walaupun mereka mandiri, Turkish Van adalah kucing yang sebaiknya berada di rumah dengan keluarga. Bulu-bulu mereka yang indah selembut sutra membuat kita senang untuk merawatnya, dan kesenangan mereka bermain air sangat menghibur kita.
Asal : Turki
Warna : Kucing Turkish Van memiliki warna yang bervariasi, misalnya seperti pada gambar.
Perangai : Pintar, lembut, aktif dan suka bermain.
Ciri-ciri : Bulu-bulunya putih bersih, warna yang muncul hanya di dekat ekor dan kepala, yaitu warna hitam, biru, cream, merah, atau warna rumah kura-kura. Bagian wajah sebagian benuansa putih. Tubuhnya tebal dan kuat. Mata yang besar, bulat, sipit angkuh. Ekornya panjang dan lebat dan telinga besar terletak di bagian atas kepala.

LuthuNa^^
LuthuNa^^
Kucing ini merupakan jenis berbulu panjang yang paling populer. Kucing persia akan sangat senang hidup sebagai kucing rumahan. Mereka bisa akrab dengan kucing lain, binatang lain dan anak-anak. Kucing persia sangat responsif dan menjadi sumber kebahagiaan bagi pemiliknya.
Asal : Persia
Warna : Kucing persia muncul dalam jumlah pola dan warna yang mengherankan dan terbagi ke dalam tujuh pembagian warna untuk tujuan kompetisi.
Perangai : Manis, tenang, dan penyayang. Mereka adalah kucing pendiam dan sangat cocok kehidupan kota atau apartemen.
Ciri-ciri : Tubuh yang panjang, telinga besar dan menunjuk, mata besar berbentuk kacang almond. Bentuk kepala sepenuhnya berbeda. Angora memiliki kepala yang kecil berbentuk baji pada leher yang panjang, ramping, dan anggun. Kaki-kakinya panjang, cakar bulat dan cantik, serta ekor yang panjang dan runcing. Angora bergerak sedikit lemah gemulai seperti penari. Angora memiliki bulu yang panjang dan indah pada ekor dan sekeliling lehernya.

TuRkish Angora

Cara bergerak yang lemah gemulai adalah ciri dari Angora. Bulunya yang selembut sutra, tubuh yang elegan panjang, telinga menunjuk yang tegak lurus dan mata besar cerdas membuat Angora sangat dihargai kecantikan dan keanggunannya.
Asal : Amerika Utara
Warna : Putih bersih, sebagian besar warna dan pola muncul kecuali merupakan hasil kawin silang seperti warna cokelat dan lembayung.
Perangai : Selalu siaga, setia, cerdas.
Ciri-ciri : Tubuh yang panjang, telinga besar dan menunjuk, mata besar berbentuk kacang almond. Bentuk kepala sepenuhnya berbeda. Angora memiliki kepala yang kecil berbentuk baji pada leher yang panjang, ramping, dan anggun. Kaki-kakinya panjang, cakar bulat dan cantik, serta ekor yang panjang dan runcing. Angora bergerak sedikit lemah gemulai seperti penari. Angora memiliki bulu yang panjang dan indah pada ekor dan sekeliling lehernya.

[sunting]Macam warna

Kucing memiliki banyak warna dan macam pola. Ciri fisik ini tidak bergantung pada rasnya. Kucing rumahan dikelompokkan ke dalam jenis berikut berdasar penampakan fisiknya :
  • bulu pendek
  • bulu panjang
  • oriental (bukan ras khusus, semua kucing yang bertubuh langsing, mata berbentuk almond, daun telinga lebar, dan rambut tubuh halus yang pendek)
Gen yang mengatur warna dan pola pada bulu kucing menentukan penampilan fisik dari kucing yang membedakan mereka ke dalam:
Telon atau Calico 
putih dengan sedikit bercak warna hitam atau oranye (atau biru atau krem). Orang Jepang sering menyebut pola ini sebagai mi-ke. Karena gen warna bulu bertaut dengan kelamin, kucing Calico yang beraneka warna ini umumnya betina.
Tortoiseshell 
hitam dengan warna oranye dan putih tersebar di seluruh tubuhnya. Kucing yang memiliki warna hitam, oranye terang, dan oranye gelap disebut sebagai Calimanco atau Clouded Tiger.
Tabby 
bergaris dengan bermacam pola. Pola klasik pada kucing ini berbentuk bulatan-bulatan atau lingkaran. Tabby jenis mackerel mempunyai tiga garis yang tampak di samping tubuhnya, membuat kucing ini seperti ikan mackerel.
Maltese 
nama lama dari kucing biru (abu-abu).
Bicolor (dua warna) 
disebut juga Tuxedo cat atau Jellicle cat karena memiliki bulu berwarna hitam dengan sedikit warna putih pada bagian kaki, perut, dada, dan mungkin pula di bagian wajah.
sumber: - wikipedia
             - http://deninda.wordpress.com/category/jenis-jenis-kucing/
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar